Sejarah singkat Universitas Dhyana Pura

  • Contact Us

    Jalan Raya Padang Luwih Tegaljaya Dalung Kuta Utara, Bali (80361)
    Tel : +62-361-426450 | Fax : +62-361-426452

    Email : undhirabali@undhirabali.ac.id

 

4.1. Sejarah singkat

Pulau Bali sebagai daerah tujuan wisata dunia mempunyai budaya dan masyarakat yang unik, sehingga mampu menjadi daya tarik pariwisata. Sejalan dengan kehadiran berbagai bangsa di dunia yang datang karena keunikan budaya bali dan keindahan alam pulau Bali, kehadiran mereka juga membawa perubahan dalam tatanan kehidupan sosial masyarakat. Salah satunya adalah perubahan dalam mata pencaharian sehari-hari yang lebih banyak mengarah pada sektor pariwisata.

Adanya kesempatan bidang pariwisata memerlukan sumber daya manusia yang kompeten dan profesional di bidang pariwisata. Kebutuhan SDM yang berkualitas dan profesional di bidangnya termasuk juga bidang-bidang yang berkaitan dengan kepariwisataan perlu juga di sediakan. Lembaga pendidikan adalah tempat untuk mendapatkan SDM berkualitas dan profesional. Oleh karena itu Yayasan Dhyana Pura mengambil keputusan untuk memberikan perhatian yang lebih fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan tinggi yang nantinya akan lebih banyak menghasilkan sumber daya manusia berkualitas dan profesional yang tidak saja bertumpu pada bidang pariwisata namun juga pada bidang teknologi informasi, kesehatan, pendidikan, sains, dan ilmu pengetahuan lainnya melalui program-program studi yang diselenggarakan. Berkaitan dengan pengembangan pariwisata ini maka pendidikan yang dimaksudkan adalah pendidikan pada jenjang formal di tingkat perguruan tinggi yang meliputi pendidikan akademik dan profesional. Pendidikan akademik dan profesional tersebut berpedoman pada tujuan pendidikan nasional; kaidah, moral dan etika ilmu pengetahuan; pendidikan profesional merupakan pendidikan yang diarahkan terutama pada kesiapan penerapan keahlian tertentu. Oleh karena itu, sejalan dengan keinginan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa itulah, maka pendidikan sebagai langkah utama yang penting untuk memajukan masyarakat dalam berpikir, berkreasi, dan berinovasi dalam kehidupannya untuk menjadi lebih baik.

Dalam Pembukaan UUD ’45 disebutkan bahwa kemerdekaan Indonesia antara lain dimaksudkan untuk “mencerdaskan kehidupan bangsa”. Maka penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat, termasuk lembaga keagamaan, dapat dilihat sebagai upaya untuk mengisi kemerdekaan itu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Kegiatan pendidikan peradaban di masa lalu maupun pendidikan modern sekarang ini, yang dilakukan masyarakat, merupakan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dengan membentuk masyarakat yang mampu berperan sebagai subyek dalam pembangunan.

Atas pemikiran tersebut di atas Yayasan Dhyana Pura memutuskan untuk melakukan perubahan bentuk SEKOLAH TINGGI ILMU MANAJEMEN DHYANA PURA menjadi UNIVERSITAS DHYANA PURA BALI. Yayasan Dhyana Pura sebagai bagian dari masyarakat di Bali berupaya untuk menyelenggarakan kegiatan pendidikan sebagai bentuk kepedulian dan pelayanan kepada sesama dengan tujuan untuk membebaskan masyarakat dari kebodohan, keterbelakangan, keterasingan, dan kemiskinan. Sampai sekarang kegiatan pendidikan mulai dari tingkat dasar,menengah dan tinggi terus dijalankan sebagai komitmen yayasan untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengisi kemerdekaan melalui pembangunan bidang pendidikan. Meskipun upaya tersebut banyak mengalami hambatan dan tantangan, hasil yang dicapai tidaklah mengecewakan, terbukti dengan banyaknya kepercayaan masyarakat untuk berpartisipasi ikut dalam proses pelaksanaan pendidikan tersebut. Bahkan sampai dengan saat ini, banyak kemajuan telah dicapai melalui kegiatan pendidikan. Tantangan masyarakat dunia dan secara khusus kebutuhan pembangunan Indonesia, mendorong yayasan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) agar mampu menjawab tantangan masyarakat dunia itu dan menjadi subyek pembangunan Indonesia yang memiliki kemampuan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat menciptakan ilmu pengetahuan baru dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan sejahtera.

Komitmen yayasan mendirikan sebuah universitas tersebut sejalan dengan jiwa dan implementasi UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU No. 14 tahun 2004 tentang Otonomi Daerah. Dalam otonomi daerah ini pendidikan mendapat perhatian besar untuk mencerdaskan masyarakat agar mampu bersaing baik pada tataran nasional maupun internasional dalam memanfaatkan sumber daya dan berperan dalam proses pembangunan. Karena itu, melalui universitas tersebut hendak disiapkan putera-puteri Indonesia yang mampu menjadi pemimpin dan yang akan berperan sebagai subyek dalam proses pembangunan. Sekalipun otonomi daerah itu menggarisbawahi semangat keberpihakan, namun universitas yang didirikan itu bukanlah sebuah lembaga akademis yang eksklusif. Yang ditekankan ialah kekhususannya, karena nuansa Bali dalam penyelenggaraan maupun pada objek pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, potensi sumber daya dan sosio-kultural Bali yang telah dikenal oleh dunia internasional.

Perjalanan panjang menuju Universitas Dhyana Pura berawal dari satu keinginan untuk mendidik dan memberikan bekal keterampilan serta pengetahuan bagi warga masyarakat agar mampu memanfaatkan potensi pariwisata secara optimal, Yayasan Dhyana Pura pada tahun 1987 mendirikan Pusat Pendidikan dan Latihan Pariwisata yang mendapatkan status Pembina dari tahun 2000 sampai sekarang dan sudah terakreditasi dengan hasil A tahun 2007 dari Lembaga Akreditasi Lembaga Pelatihan Kerja (LA-LPK). Dengan dukungan penuh dari anggota masyarakat yang peduli akan pentingnya pendidikan dan keterampilan bagi anak-anak lulusan SLTA yang ingin segera mendapat pekerjaan, yayasan berupaya untuk menfasilitasinya dengan semakin inovatif dalam memberikan bekal keilmuan  dan keterampilan dibidang pariwisata. Upaya ini ternyata mendapat sambutan yang cukup baik dari masyarakat dan sampai saat ini telah mendidik dan melatih sekitar 12.000 orang yang tersebar di berbagai bidang pekerjaan baik di Bali, luar Bali, dan di luar negeri.

Pada tahun 2001, pihak yayasan mendapatkan ijin untuk menyelenggarakan jenjang pendidikan tingkat Strata Satu (S-1) untuk Program Studi Manajemen dan jenjang pendidikan Diploma Tiga (D-3) Program Studi Manajemen Pemasaran di bawah naungan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Dhyana Pura.Pada tahun 2008, Program Studi Strata Satu Manajemen telah mendapat Akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Satu hal yang cukup membanggakan dan memberikan dorongan bagi pengurus yayasan untuk semakin inovatif dan kreatif menjawab tantangan zaman dan tantangan pemenuhan kebutuhan tenaga kerja/sumber daya manusia yang berkualitas dan profesional. Sampai saat ini STIM Dhyana Pura telah meluluskan sebanyak 5 (lima) angkatan dengan jumlah kelulusan 365 orang (sampai dengan tahun akademik 2008/2009).

Berbekal dari pengalaman mengelola PPLP dari tahun 1987 sampai sekarang dan dilanjutkan dengan STIM dari tahun 2001 sampai hingga 2011. Pembentukan universitas ini melalui pergumulan pemikiran yang cukup lama dan melibatkan beberapa lembaga diantaranya Universitas Udayana, Politeknik Kesehatan Denpasar, Rumah Sakit Umum Wangaya, Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah, Denpasar dan perorangan yang mempunyai pandangan dan komitmen mengenai pendidikan, seperti diantaranya Prof. Dr. dr. Alex J. Pangkahila, Sp.And, Prof. Dr. dr. Wimpie I. Pangkahila, Sp.And, Prof. Dr. I Komang Gde Bendesa, MADE, Prof. Dr. Nyoman Kutha Ratna, Dra. Endang Sri Kentjonowati, Ph.D, Prof. Dr. I Wayan Sudirman, SE, SU., Ir. I Made Sukadana, Ph.D, Retno Murni Sukadana, SH, SU, Ph.D, Dr. John Hardjono, Dr. Idrus Jus’at, M.Sc.,Ph.D., Prof. Dr. Suyoto, Ir. Eduardus, M.Kom, Ir. I Made Purnadhibrata, M.Kes, dan Agus Sri Lestari, SST, M.Erg. Kondisi tersebut juga dikuatkan dengan adanya dukungan secara tertulis dari pemerintah daerah melalui surat rekomendasi dari Kepala Desa Dalung, Bupati Badung, dan Gubernur Bali.

Universitas ini diberi nama “UNIVERSITAS DHYANA PURA BALI” yang disingkat dengan “UNDHIRA BALI”. Universitas ini merupakan perubahan bentuk dari SEKOLAH TINGGI ILMU MANAJEMEN. UNDHIRA BALI ini dikelola oleh Yayasan Dhyana Pura. Proses pembelajaran bertempat di Kampus Dhyana Pura, Jl. Raya Padang Luwih, Tegaljaya, Dalung, Kuta Utara, Badung, Bali.

Makna dari penamaan universitas ini adalah bahwa diharapkan nantinya Universitas Dhyana Pura Bali sebagai “Morning of the World” bagi generasi penerus bangsa untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan teknologi seluasluasnya. Dengan mendapatkan pendidikan dan pengajaran di lembaga pendidikan tinggi ini, para mahasiswa dan lulusannya lebih introspeksi diri dan mawas diri agar lebih memaknai hidup ini sebagai satu kesatuan dengan alam semesta melalui Ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai “kendaraan” untuk mewujudkan kesejahteraan umat manusia yang berakhlak dan berjiwa sehat.

4.2. Maksud dan tujuan

Tujuan dari pendirian Universitas Dhyana Pura adalah:

  1. Untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dengan harapan mampu berkarir lebih terbuka dan luas dalam berbagai bidang penunjang industri pariwisata.
  2. Mewujudkan pendidikan tinggi yang mengacu pada perkembagan dunia dimana arah konsentrasi pendidikan berkembang terus mengikuti kompetensi dan keahlian yang dituntut oleh dunia industri.
  3. Memberikan peluang bagi masyarakat agar dapat menempuh pendidikan tinggi pada berbagai macam pilihan berdasarkan latar belakang keanekagaraman budaya mahasiswanya yang berasal dari seluruh Indonesia untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang handal dan memiliki kompetensi untuk mendukung pengembangan berbagai bidang industri di daerah asal peserta didik.
  4. Untuk memberikan pendidikan lanjutan yang berkualitas dan professional dalam rangka meningkatkan kemampuan dan  daya inovasi mahasiswanya.
  5. Untuk menciptakan pribadi yang memiliki kepedulian pada lingkungan kerja yang sehat melalui penciptaan hubungan kerja selaras sedari awal antara tenaga pengajar, petugas administrasi dan mahasiswa itu sendiri dalam lingkungan suasana yang penuh semangat dan mencirikan nilai-nilai kewirausahaan.
  6. Membentuk mahasiswa menjadi pribadi yang seutuhnya, sehat raga,  memiliki pemikiran yang kritis sebagai wujud rasionalitas, memiliki rasa dan kepekaan sosial yang tinggi untuk mewujudkan kerukunan antara umat manusia.

4.3. Kegiatan utama

Tugas Utama dari Universitas Dhyana Pura adalah menyelenggarakan pendidikan akademik dan pendidikan profesional dalam sejumlah disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya. Kegiatan utama dari Universitas Dhyana Pura adalah menyelenggarakan sejumlah program pendidikan yang selanjutnya disebut dengan program studi. Program Studi adalah kesatuan rencana belajar sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan akademik dan atau profesional yang diselenggarakan atas dasar suatu kurikulum serta ditujukan agar mahasiswa dapat menguasai pengetahuan, keterampilan dan sikap yang sesuai dengan sasaran kurikulum. Selain kegiatan utama tersebut di atas, Universitas Dhyana Pura juga menyelenggarakan program pelatihan pariwisata dan perhotelan setingkat dengan unit bisnis namun berafiliasi dengan lembaga kedinasan dan mendapat ijin dari dinas tenaga kerja.

4.4. Profil UNIVERSITAS DHYANA PURA

Nama Dhyana Pura telah dipakai sejak berdirinya tahun 1987 sebagai Pusat Pendidikan dan Latihan Pariwisata Dhyana Pura yang selalu berusaha untuk mempertahankan kualitas pendidikan dan kualitas lulusannya. Sejarah panjang Universitas Dhyana Pura dapat dipaparkan sebagai berikut:

Pada 1987, didirikan Pusat Pendidikan dan Latihan Pariwisata (PPLP) Dhyana Pura dengan menyelenggarakan program pelatihan perhotelan bertempat di Hotel Dhyana Pura, Jalan Dhyana Pura, Seminyak, Kuta, Bali. Kemudian pada 1988 PPLP, Menerima penghargaan akreditasi dari Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan pariwisata untuk tingkat dasar. Kemudian Pada 1989 Pendidikan dan pelatihan dipindahkan di Kampus Widhyapura bertempat di Kota Denpasar dengan tetap menjadikan Hotel Dhyana Pura sebagai tempat pelaksanaan praktik mahasiswa. Seiring dengan berkembangnya tuntutan kualitas pendidikan dan pelatihan, PPLP Dhyana Pura terus melakukan perbaikan internal dan pada 1990 Menerima penghargaan akreditasi dari Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia sebagai lembaga pendidikan dan pariwisata untuk menengah. Pada 1991 Menerima penghargaan dari Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan pariwisata yang berprestasi dalam menghasilkan lulusan yang dapat memenuhi kebutuhan industri pariwisata.

Pada  1994 PPLP Dhyana Pura menempati kampus baru di atas lahan seluas 1,5 ha bertempat di Jalan Raya Padangluwih, Tegaljaya, Dalung, Kuta, Bali.  Pada 1995 – 1997 Mengembangkan pendidikan dan pelatihan berdasarkan kebutuhan industri pariwisata yang berkembang pesat terkait dengan peningkatan kebutuhan tenaga industri pariwisata sehubungan dengan meningkatnya jumlah hotel dan kebutuhan tenaga kerja di kapal pesiar. Mengirim staff untuk melaksanakan studi banding dan on the job training di Belanda, Singapore dan Australia. Mengirim mahasiswa untuk mengikuti on the job training di Singapura yang berjalan dengan baik dan ditempatkan di berbagai restaurant, club dan hotel di Singapura. Mengembangkan perluasan lahan kampus STIM Dhyana Pura menjadi 2,5 ha serta melengkapi berbagai fasilitas praktek dan kegiatan out door yang memadai seperti lapangan sepakbola mini, basket, volley ball, dll.

Pada Tahun 1997 Menjalin Kerja sama dengan Goulburn Ovens Institute of TAFE, Shepparton, Victoria, Australia dalam bentuk penyelenggaraan program kembar (Twinning Programme) dengan sebutan Diploma Hospitality. Keunggulan program ini adalah pendidikan dan pelatihan yang dipandu dengan modul terakreditasi di Australia yang mana lulusannya akan mendapat dua sertifikat, masing-masing dari GOIT Shepparton Australia dan PPLP Dhyana Pura. Pada 1998 Menambah bangunan kampus diberi nama Kampus B dan C berlantai tiga dan empat dengan fungsi sebagai kampus utama, perkantoran, dan tempat praktek berbagai program terkait bidang pendidikan dan pelatihan masing-masing. Pada tahun yang sama, PPLP Dhyana Pura menerima akreditasi dari Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan pariwisata dalam tingkatan sebagai Pembina dan juga menerima penghargaan sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan pariwisata yang berprestasi di Indonesia.

Pada 2000 Menerima penghargaan akreditasi sebagai penyelenggara pendidikan dan pelatihan pariwisata dalam tingkatan Pembina. Pada 2001 Menjalin kerja sama dengan College of The Ozark Missouri USA and THE CHN University Leeuwarden, Netherland dalam rangka meningkatkan kemampuan tenaga pendidik, instruktur dan staff, serta studi lanjut di bidang manajemen pariwisata Menerima penghargaan sebagai salah satu lembaga pendidikan dan pelatihan pariwisata swasta yang berprestasi se Indonesia dari Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia.

Pada Tahun 2001, Yayasan Dhyana Pura mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Dhyana Pura. Dengan demikian pada tahun tersebut, Yayasan Dhyana Pura menyelenggarakan Pusat Pendidikan & Latihan Pariwisata Dhyana Pura di bawah Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia dan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Dhyana Pura di bawah Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Pada 2002 Mengembangkan dan pemperluas program pelatihan ke luar negeri (yang sudah berjalan sejak tahun 1997) menjadi sebuah program unggulan dalam meningkatkan kemampuan lulusan untuk dapat bersaing lebih kompetitif di tingkat nasional dan dunia. Penempatan trainee tidak hanya ke Singapore tetapi juga ke Belanda dan Amerika Serikat. Memperoleh penghargaan standard kompetensi. Pada 2003 Menjalin kerja sama dengan SIRS (Selected Indonesia Restaurants) di Belanda bekerja sama dengan The CHN University Leeuwarden melalui program gabungan on the job training dan Summer Course. Pada 2004 Menyelenggarakan Kursus Pastry and Bakery bekerja sama dengan GOULBURN OVENS INTITUTE OF TAFE SHEPPARTON VICTORIA AUSTRALIA yang diikuti oleh para instruktur dan mahasiswa. Pada 2005 STIM Dhyana Pura menjadi tuan rumah penyelenggaraan THE GRAND TOUR PROGRAM mahasiswa The CHN University Leeuwarden, Belanda & STIM-PPLP Dhyana Pura selama 6 minggu bertempat di Kampus Dhyana Pura  Bekerja sama dengan The CHN Leeuwarden Belanda menyelenggarakan Kursus Pastry & Bakery, Food Production, Wine untuk para instruktur/dosen serta mahasiswa. Pada 2006 STIM-PPLP Dhyana Pura untuk keduakalinya menjadi tuan rumah THE COSMOPOLITAN PROGRAM mahasiswa/i The CHN University Leeuwarden, Belanda, STIM-PPLP Dhyana Pura selama 6 minggu bertempat di Kampus Dhyana Pura. Bekerja sama dengan GOIT Victoria Australia menyelenggarakan kursus lanjutan pastry and bakery diikuti oleh karyawan dan mahasiswa STIM & PPLP Dhyana Pura serta karyawan Hotel Dhyana Pura.

Pada tahun 2011, perubahan bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Dhyana Pura yang diselenggarakan oleh Yayasan Dhyana Pura Kabupaten Badung Provinsi Bali menjadi Universitas Dhyana Pura di Kabupaten Badung Provinsi Bali yang diselenggarakan oleh Yayasan Dhyana Pura Bali dengan SK MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA: NO. 142/E/0/2011 TERTANGGAL 7 JULI 2011.

Universitas Dhyana Pura menyelenggarakan tigabelas program studi yang terbagi menjadi dua fakultas penyelenggara yang dapat dipaparkan sebagai berikut:

Fakultas Program Studi Jenjang/Gelar SKS
Ekonomika dan Humaniora
  • Manajemen (Perhotelan, Bisnis Pariwisata, Keuangan)
  • Manajemen Pemasaran
  • Psikologi
  • Sastra Inggris
  • PG. Pendidikan Anak Usia Dini
  • Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
  • S1/SE
  • D3/A.Ma
  • S1/S.Psi
  • S1/S.S.
  • S1/S.Pd
  • S1/S.Pd
  • 150
  • 111
  • 147
  • 147
  • 146
  • 153
Kesehatan, Sains dan Teknologi
  • Kesehatan Masyarakat
  • Ilmu Gizi
  • Fisioterapi
  • Perekam dan Informasi Kesehatan
  • Biologi
  • Sistem Informasi
  • Teknik Informatika
  • S1/SKM
  • S1/S.Gz
  • S1./Fis
  • S1/S.PIK
  • S1/S.Si
  • S1/S.Kom
  • S1/S.Kom
  • 151
  • 144
  • 144
  • 149
  • 147
  • 147
  • 148

Selain kegiatan utama tersebut di atas, Universitas Dhyana Pura juga menyelenggarakan program pelatihan pariwisata dan perhotelan yang tidak termasuk dalam ijin pendirian Universitas Dhyana Pura melainkan mendapat ijin penyelenggaraan dari dinas tenaga kerja.

Adapun program pelatihan pariwisata dan perhotelan dapat dijabarkan sebagai berikut:

Jenjang Bidang Studi
Jenjang 1 Tahun (Tingkat Pelaksana)
  • Palatihan Tenaga Tata Boga (Pengolahan Makanan)
  • Pelatihan Tenaga Pramusaji (Penyajian Makanan dan Minuman)
  • Pelatihan Tenaga Kantor Depan
  • Pelatihan Tenaga Pramu Graha
Jenjang 2 Tahun (Tingkat Supervisi)
  • Palatihan Tenaga Tata Boga (Pengolahan Makanan)
  • Pelatihan Tenaga Pramusaji (Penyajian Makanan dan Minuman)
  • Pelatihan Tenaga Akomodasi
  • Pelatihan Tenaga Akuntansi
  • Pelatihan Tenaga Sekretaris
Jenjang 3 Tahun (Tingkat Manajerial)
  • Palatihan Tenaga Manajemen Kamar dan Kantor Depan
  • Pelatihan Tenaga Manajemen Makanan dan Minuman.

 

Lebih Lanjut Hubungi

 

Ekonomi dan Humaniora

Kesehatan, Sains dan Teknologi

PUSAT PENDIDIKAN dan LATIHAN PARIWISATA (PPLP) Dhyana Pura

Alamat :

Jalan Raya Padang Luwih Tegaljaya Dalung Kuta Utara, Bali (80361)
Tel : +62-361-426450
Fax : +62-361-426452
Email : undhirabali@undhirabali.ac.id

 

One Response to Sejarah singkat Universitas Dhyana Pura

  1. putra says:

    kapannn s1 perekam dan informasi kesehatan,nya teraaakreditasi????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s